AL IZZAH PEDULI PALU DAN DONGGALA

28 September 2018 pukul 18:02:44 WITA, gempa berkekuatan 7,4 SR telah mengguncang Pulau Sulawesi bagian Utara. Pusat gempa berada pada 26 Km utara Donggala dan 80 km barat laut Kota Palu dengan kedalaman 20 Km. Gempa yang dirasakan selama 7 menit ini memicu datangnya tsunami setinggi 5 meter yang dalam sekejap meluluh lantahkan kurang lebih 7 Kabupaten.

Akibat dari kejdian itu, sebanyak 2.045 orang dinyatakan meninggal oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 10 Oktober 2018. Sementara itu, sebanyak 82.775 orang diharuskan untuk mengungsi. Selain korban jiwa, fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, hotel, pelabuhan, hingga ribuan toko dan kios yang menjadi ladang pencaharian masyarakat mengalami rusak parah.

Untuk meringankan beban masyarakat, Yayasan Al Izzah Semarang turun tangan untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami. Al Izzah melakukan sejumlah kegiatan sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap warga Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Penggalangan dana merupakan salah satu kegiatannya. Panitia melakukan penggalangan dana kepada masyarakat Kota Semarang di sejumlah daerah selama beberapa hari. Pada hari penyerahan bantuan (19/10/2018) besar nominal yang diterima panitia yaitu mencapai Rp 52.000.000,-. Selanjutnya bantuan tersebut gempa dan tsunami Palu dan Donggala diserahkan dalam bentuk makanan pokok dan pakaian layak pakai yang ditujukan kepada korban .